Organisasi Register

User Visible Register

Adalah register yang isinya bisa dilihat oleh programmer.

Yang termasuk User Visible Register:
1     1. General Purpose
    2. Data
3     3. Address
4     4. Condition Codes

·         General Purpose Register

-Digunakan untuk melakukan operasi aritmatika dan logika.

-Terdiri dari register EAX, EBX, ECX, EDX (4 byte); register AX, BX, CX, DX (2 byte); register AH, AL, BH, BL, CH, CL, DH, DL (1 byte).

a)      AX (Accumulator Register)
-Digunakan untuk operasi aritmatika dan logika.
-Memegang data awal yang akan dioperasikan dan hasil akhir untuk proses.

b)     BX (Base Register)
-Merupakan address register yang bisa digunakan untuk pengalamatan tidak langsung.

c)      CX (Counter Register)
-Digunakan untuk tujuan perhitungan.
-Bertindak sebagai counter dalam loop.

d)     DX (Data Register)
-Memiliki peran khusus dalam pembagian dan perkalian.

·         Address Register / Segment Register

-Merupakan kumpulan dari register CS, DS, ES, dan SS.

    - Setiap segment register memiliki ukuran 2 byte.

a)      CS (Code Segment)
    -Memegang lokasi basis dari semua instruksi yang dieksekusi dalam program.
    -CS bersama register IP mem-fetching instruksi berikutnya.

b)     DS (Data Segment)
    -Merupakan lokasi basis default untuk variabel memori.
    -DS menunjuk data di dalam memori menggunakan register DI atau SI.

c)      ES (Extra Segment)
    -Merupakan lokasi basis additional untuk variabel memori.

d)     SS (Stack Segment)
    -Di dalam SS memuat lokasi basis dari program stack terkini.

-Terdapat juga Index Register yang digunakan untuk pergerakan data.

-Ada 2 tipe dari Index Register:
  Ø  SI (Source Index)
  Ø  DI (Destination Index)


Control & Status Register

Adalah register yang digunakan oleh CU, kontrol operasi CPU, dan oleh sistem operasi untuk kontrol eksekusi program.

Yang termasuk Control & Status Register:
1      1. Program Counter (PC)
2      2. Instruction Register (IR)
3      3. Memory Address Register (MAR)
4      4. Memory Buffer Register (MBR)

·         Program Counter (PC)
-Memegang alamat instruksi berikutnya yang akan di-fetch dan dieksekusi.
-Ketika instruksi di-fetch, nilai PC otomatis bertambah dan menunjuk ke alamat instruksi berikutnya.

·         Instruction Register (IR)
-Memegang instruksi terkini yang sedang dieksekusi.

·         Memory Address Register (MAR)
-Memegang alamat lokasi memori aktif.
-Ketika CPU ingin menyimpan atau membaca data dari memori, CPU menyimpan alamat lokasi memori yang dibutuhkan di MAR.

·         Memory Buffer Register (MBR)
-Memegang data yang dibaca dari atau ditulis di dalam memori.

Sumber Referensi:


EmoticonEmoticon