User Visible Register
Adalah register yang isinya bisa dilihat oleh
programmer.
Yang termasuk User Visible Register:
1     1. General
Purpose
2     2. Data
3     3. Address
4     4. Condition
Codes 
·        
General
Purpose Register
-Digunakan
untuk melakukan operasi aritmatika dan logika.
-Terdiri
dari register EAX, EBX, ECX, EDX (4 byte); register AX, BX, CX, DX (2 byte); register
AH, AL, BH, BL, CH, CL, DH, DL (1 byte).
a)     
AX
(Accumulator Register)
-Digunakan untuk operasi
aritmatika dan logika.
-Memegang data awal yang
akan dioperasikan dan hasil akhir untuk proses.
b)    
BX
(Base Register)
-Merupakan address
register yang bisa digunakan untuk pengalamatan tidak langsung.
c)     
CX
(Counter Register)
-Digunakan untuk tujuan
perhitungan. 
-Bertindak
sebagai counter dalam loop.
d)    
DX
(Data Register)
-Memiliki peran khusus dalam
pembagian dan perkalian.
·        
Address
Register / Segment Register
-Merupakan
kumpulan dari register CS, DS, ES, dan SS.
    - Setiap
segment register memiliki ukuran 2 byte.
a)     
CS
(Code Segment)
    -Memegang lokasi basis dari semua instruksi
yang dieksekusi dalam program.
    -CS bersama
register IP mem-fetching instruksi berikutnya.
b)    
DS
(Data Segment)
    -Merupakan lokasi basis default untuk variabel
memori.
    -DS menunjuk
data di dalam memori menggunakan register DI atau SI.
c)     
ES
(Extra Segment)
    -Merupakan
lokasi basis additional untuk variabel memori.
d)    
SS
(Stack Segment)
    -Di dalam SS memuat
lokasi basis dari program stack terkini.
-Terdapat juga Index
Register yang digunakan untuk pergerakan data.
-Ada 2 tipe dari Index Register:
  Ø  SI (Source Index)
  Ø  DI (Destination Index)
Control &
Status Register
Adalah register yang digunakan oleh CU, kontrol operasi
CPU, dan oleh sistem operasi untuk kontrol eksekusi program.
1      1. Program
Counter (PC)
2      2. Instruction
Register (IR)
3      3. Memory
Address Register (MAR)
4      4. Memory
Buffer Register (MBR)
·        
Program
Counter (PC) 
-Memegang alamat
instruksi berikutnya yang akan di-fetch dan dieksekusi.
-Ketika instruksi
di-fetch, nilai PC otomatis bertambah dan menunjuk ke alamat instruksi
berikutnya.
·        
Instruction
Register (IR)
-Memegang
instruksi terkini yang sedang dieksekusi.
·        
Memory
Address Register (MAR)
-Memegang
alamat lokasi memori aktif.
-Ketika
CPU ingin menyimpan atau membaca data dari memori, CPU menyimpan alamat lokasi
memori yang dibutuhkan di MAR.
·        
Memory
Buffer Register (MBR)
-Memegang data yang
dibaca dari atau ditulis di dalam memori.
 
EmoticonEmoticon