Resensi Film Central Intelligence


    Pada postingan sebelumnya, saya sudah meresensi film Furious 7 yang sekaligus saya jadikan sebagai tugas. Nah, sekarang saya akan mencoba meresensi film Central Intelligence.


Judul Film                  : Central Intelligence

Genre                         : Action Comedy

Sutradara                    : Rawson Marshall Thurber

Produser                     : Michael Fottrell
                                     Peter Principato
                                     Scott Stuber
                                     Paul Young

Skenario                     : Ike Barinholtz
                                     David Stassen
                                     Rawson Marshall Thurber

Pemain                       : Kevin Hart
                                     Dwayne Johnson
                                     Amy Ryan
                                     Aaron Paul
                                     Danielle Nicolet
                                     Jason Bateman

Editor                         : Michael L. Sale

Penata Musik             : Theodore Shapiro
                                     Ludwig Goransson

Perusahaan Produksi : New Line Cinema
                                     Bluegrass Film
                                     Principato-Young Entertainment
                                     Rat-Pac Dune Entertainment
                                     Perfect World Pictures
                                    
Distributor Film        : Warner Bros. Pictures (Amerika Serikat)
                                    Universal Pictures (Internasional)

Tanggal Rilis             : 17 Juni 2016

Durasi                       ; 107 Menit

Bahasa                      : Inggris

Negara                      : Amerika Serikat

Sinopsis                    :
    Berawal dari seorang siswa obesitas bernama Robbie Weirdicht (Dwayne Johnson) yang senang mandi di ruang ganti laki-laki dipermalukan di depan semua siswa saat acara penerimaan penghargaan di aula sekolah. Ia dilempar dalam keadaan telanjang oleh sekelompok penindas yang dipimpin oleh Trevor (Jason Bateman). Calvin Joyner (Kevin Hart), seorang siswa yang menerima penghargaan tersebut merasa iba kepadanya dan memberikan jaketnya untuk menutupi kemaluannya. 20 tahun kemudian Calvin bertemu lagi dengan Robbie yang sudah berganti nama menjadi Bob Stone. Dia juga sudah tidak gendut lagi, melainkan berbadan kekar dan berotot. Mereka berdua berencana tidak akan datang ke acara reuni SMA. Pertemuan dengan Bob justru membuat Calvin terjerat masalah besar. Calvin didatangi oleh anggota CIA yang dipimpin oleh Pamella "Pam" Harris (Amy Ryan). Pam menceritakan bahwa Bob adalah seorang Black Wadger atau Luak Hitam yang memiliki kode satelit rahasia Amerika yang akan dijual ke pembeli penawar tertinggi. Bob menemui Calvin di kantornya dan terjadi baku tembak dengan CIA lalu mereka berhasil menyelamatkan diri. Calvin diberi alat pelacak oleh Pam dan diancam jika ia tidak melaporkan Bob maka Pam tidak segan-segan menyakiti istrinya, Maggie Joyner (Danielle Nicolet). Calvin berkhianat dan melaporkan Bob. Bob ditangkap dan ketika Bob disiksa saat diintrogasi, Calvin menyelamatkannya dan mereka berdua berhasil melarikan diri ke Boston dengan pesawat curian untuk menemui pembeli. Saat bertemu pembeli di basement, tak lama kemudian datang Phil (Aaron Paul), seorang partnernya Bob yang sudah dinyatakan tewas, mengaku sebagai Luak Hitam yang asli dan membawa USB berisi kode satelit tersebut yang asli pula. Terjadi baku tembak ketika CIA datang menyergap. Bob membunuh Phil dengan mencabut tenggorokannya. Akhirnya Calvin dan Bob datang ke acara reuni dengan diantar helikopter milik CIA dan Pam meminta maaf karena sudah menuduh Bob sebagai pelakunya. Di akhir cerita, Calvin menjadi anggota intelijen dan di hari pertama kerjanya ia dijemput oleh Bob dan Bob mengembalikan jaket Calvin yang dulu dipinjamkannya.

Kelebihan    :
1. Ceritanya sangat lucu, hampir semua dialog Calvin dan Bob membuat penonton tertawa.
2. Mengajarkan arti pertemanan.
3. Menolak segala penindasan (Bullying)

Kekurangan :
1. Action nya kurang mantap.
2. Sedikit menggunakan kata-kata kotor sehingga hanya untuk orang dewasa, tidak pantas disaksikan oleh anak-anak di bawah umur.

Kritik        :
    Menurut saya, jalan ceritanya sederhana, tidak membuat penonton berpikir kritis saat menonton serta jalan ceritanya juga mudah ditebak. Filmnya hanya berfokus pada bagaimana penonton bisa tertawa saat menyaksikannya.

Saran        :
    Jadi, saran saya karena rating film ini untuk dewasa, meskipun film komedi sebaiknya jalan ceritanya sedikit dibuat membingungkan sehingga penonton akan dibuat berpikir bagaimana maksud dari jalan ceritanya, bagaimana awalnya sehingga tiba-tiba ceritanya jadi begini. Jadi membuat penonton benar-benar menyimak ceritanya dari awal sampai akhir.





EmoticonEmoticon