Jenis-jenis Simbal Pada Drum

     Simbal merupakan salah satu alat musik pukul yang dimainkan bersama dengan drum ataupun perkusi. Sangat aneh rasanya apabila suatu set drum tidak dilengkapi dengan simbal. Banyak merk-merk simbal yang terkenal, di antaranya Zildjian, Paiste, Sabian, Meinl, dan masih banyak lagi.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas jenis-jenis dari simbal:

1. Hi-Hat Cymbal

14" Hi-Hat Cymbal
(Sumber: www.amazon.com)

    Simbal ini terdiri dari 2 simbal yang dipasang secara bertumpuk. Hi-Hat merupakan simbal yang selalu ada pada suatu set drum standar. Simbal Hi-Hat menggunakan stand khusus yang memiliki pedal untuk membuka dan menutup simbalnya. Hi-Hat terletak di sebelah kiri, bersebelahan dengan Snare. Ukurannya bervariasi dari 13, 14, dan 15 inci, tetapi yang paling standar/umum digunakan adalah ukuran 14 inci. Biasanya simbal bagian bawah lebih tebal daripada bagian atas.

2. Crash Cymbal


16" Crash Cymbal
(Sumber: www.zildjian.com)

     Simbal ini juga merupakan simbal yang selalu ada pada suatu set drum standar. Biasanya posisi simbal Crash diletakkan lebih tinggi dari simbal lainnya. Ukuran Crash bervariasi, ada yang 14, 16, 17, 18, dan 19 inci, tetapi yang sering dijumpai atau mungkin yang umum digunakan adalah ukuran 16 dan 18 inci.

3. Ride Cymbal

20" Ride Cymbal
(Sumber: www.paiste.com)

    Sama seperti simbal Hi-Hat dan Crash, Ride termasuk simbal yang selalu ada pada set drum standar dan juga merupakan simbal terbesar dibandingkan kedua simbal tersebut. Simbal Ride memiliki bell di bagian atasnya. Ukurannya juga bervariasi dari 20, 21, 22, dan 23 inci, tetapi pada umumnya yang digunakan adalah ukuran 20 inci.

4. Splash Cymbal

8" Splash Cymbal

    Simbal ini memiliki ukuran yang kecil. Simbal Splash sifatnya opsional karena kehadirannya tidak wajib ada pada set drum standar. Karena ukurannya yang kecil maka suaranya pun tajam dan cepat hilang. Ukurannya bervariasi dari 6, 8, 10, dan 12 inci.

5. China Cymbal
18" China Cymbal
(Sumber: www.paiste.com)

    Dinamakan simbal China karena simbal ini suka dipakai pada musik-musik kolosal/tradisional Tiongkok. Simbal China tergolong ke dalam simbal efek dan sifatnya juga opsional karena kehadirannya tidak wajib ada pada set drum standar. Ukurannya bervariasi dari 8, 10, 12, 14, 15, 16, 18, 19, dan 20 inci. Yang sering digunakan adalah ukuran yang besar seperti ukuran 18 inci. Simbal ini menghasilkan suara yang cukup keras dibandingkan dengan simbal lainnya.

6. Ozone Cymbal
16" Ozone Crash Cymbal
(Sumber: www.zildjian.com)

    Simbal ini mirip dengan simbal Splash/Crash/China, tetapi yang membedakannya adalah permukaannya yang berlubang/bolong-bolong. Karena permukaannya yang berlubang maka simbal Ozone menghasilkan suara yang khas. Simbal Ozone tergolong ke dalam simbal efek. Simbal ini juga bisa menggantikan peran Splash/Crash/China. Ukurannya bervariasi seperti Splash/Crash/China.

7. Stack Cymbal

14" Stack Cymbal

    Simbal ini merupakan 2 simbal yang ditumpuk, tetapi berbeda dengan simbal Hi-Hat. Biasanya menggunakan simbal China pada bagian atas dan simbal Splash/Crash pada bagian bawahnya. Untuk ukurannya yang pernah saya jumpai ada yang 8, 10, dan 14 inci. Yang ukuran 14 inci biasanya terdiri dari simbal China 12 inci dan simbal Crash 14 inci. Pada lagu-lagu tertentu, simbal Stack digunakan untuk menggantikan peran Hi-Hat.

8. Bell Cymbal

9.5" Bell Cymbal
(Sumber: www.zildjian.com)

    Simbal ini akan menghasilkan suara seperti bell yang dipukul. Ukurannya kecil seperti Splash, yaitu 6, 7.5, dan 9.5 inci. Sebenarnya bell sudah ada pada simbal Ride, tetapi bagi para drummer yang menginginkan kemudahan mengakses bell atau ingin memperbanyak setup simbalnya, simbal bell ini dapat menjadi pilihan untuk dimasukkan ke set drum mereka.

9. Gong Cymbal

40" Gong Cymbal
(Sumber: www.gear4music.com)

    Simbal asal Tiongkok ini memiliki bentuk yang besar dan beban yang berat. Simbal Gong menggunakan stand khusus yang dapat menahan bebannya. Untuk memukulnya menggunakan stik seperti palu yang ujungnya terbuat dari bahan karet keras. Ukuran gong bervariasi, ada yang 12 (ukuran kecilnya), 26, 30, 34, 40, dan bahkan ada yang sampai 80 inci. Simbal gong biasanya diletakkan di belakang seorang drummer. Bisa dibilang sangat jarang seorang drummer memiliki gong pada set drumnya karena kegunaannya yang kurang dibutuhkan.








EmoticonEmoticon