Biografi Singkat Band Metallica


Kiri ke Kanan: James Hetfield, Lars Ulrich, Kirk Hammett, Robert Trujillo
(Sumber: www.zimbio.com)

     Metallica, sebuah band metal asal Los Angeles, AS bentukkan Lars Ulrich dan James Hetfield ini masih eksis sampai sekarang. Sebenarnya karakteristik musik mereka tergolong ke dalam genre Thrash Metal. Metallica juga disandingkan dengan 3 band besar lainnya yang bergenre Thrash Metal, yaitu Megadeth, Slayer, dan Anthrax. Keempat band ini masih tetap eksis dari tahun 80an sampai sekarang.

Lars Ulrich dan James Hetfield

     Singkat cerita, pada awalnya di tahun 1981 band ini dibentuk oleh Lars Ulrich (drum) dan James Heltfield (rhythm gitar), tetapi yang pertama kali berinisiatif membentuk band adalah Ulrich. Nama Metallica didapat dari temannya Ulrich ketika temannya ini sedang bertukar pikiran dengannya untuk menentukan nama suatu majalah, MetalMania atau Metallica. Dave Mustaine datang menawarkan diri untuk join di tahun 1982. Mustaine direkrut oleh kedua orang itu sebagai lead gitaris karena ia punya gitar serta perlengkapannya yang bagus dan mahal.

Dave Mustaine
(Sumber: www.megadeth.com)

     Metallica sempat merekam album demo berjudul Metal Massacre I yang dirilis di awal tahun 1982, dimana pada album tersebut ada lagu yang pertama kali Metallica ciptakan berjudul Hit the Lights. Lagu ini mengkreditkan Ulrich bermain drum, Hetfield bermain bass, dan seseorang bernama Lloyd Grant bermain gitar solo (mungkin lagu ini direkam sebelum Mustaine bergabung). Setelah merekrut Mustaine dan seorang bassist bernama Ron McGovney, Metallica manggung untuk pertama kalinya di suatu tempat bernama Radio City di Anaheim, California.

Ron McGovney

     Ketika Hetfield dan Ulrich menyaksikan suatu pertunjukkan band bernama Trauma di klub malam, mereka tertarik dengan pemain bass-nya karena permainannya yang unik menggunakan wah-wah pedal pada bass. Dia adalah Cliff Burton. Mereka meminta Burton untuk bergabung di Metallica, serta menginginkan McGovney keluar karena kurang memberikan kontribusi. Awalnya Burton menolak ajakan itu, tetapi akhirnya di akhir tahun 1982 ia menerimanya. Metallica manggung pertama kalinya bersama Burton pada bulan Maret 1983 dan juga sempat membuat rekaman lagu demo berjudul Megaforce.

Kirk Hammett
(Sumber: www.metalwani.com)

     Ketika Metallica sudah siap untuk melakukan rekaman album debutnya yang berjudul Metal Up Your Ass pada bulan April 1983, Mustaine dikeluarkan dari band karena ketergantungannya terhadap narkoba dan miras. Tak perlu waktu lama, seorang gitaris band Exodus bernama Kirk Hammett direkrut untuk menggantikan Mustaine sebagai lead gitaris. Dave Mustaine sendiri akhirnya membentuk band Megadeth yang juga terkenal sampai sekarang.

     Karena ada konflik dengan label rekamannya dan distributornya tidak mau merilis album dengan judul seperti itu, maka Metallica mengganti judul albumnya menjadi Kill ‘Em All. Album ini akhirnya dirilis bulan Juli 1983. Bersama lineup ini, Metallica telah mengeluarkan album Kill ‘Em All, Ride the Lightning (1984), dan Master of Puppets (1986). Album-album ini tergolong sukses di dunia musik.

Cliff Burton

     Tanggal 27 September 1986, saat perjalanan konser tur di Swedia, bus yang ditumpangi personel Metallica mengalami kecelakaan. Sopir bus kehilangan kendali dan akhirnya bus terguling beberapa kali. Insiden ini menewaskan Cliff Burton, sedangkan personel lainnya hanya mengalami luka ringan. Metallica pun mengalami masa berkabung.

     Setelah melewati masa berkabung, Metallica mulai mencari pemain bass baru dengan mengadakan audisi. Dari audisi ini terpilihlah Jason Newsted. Bersama Newsted, Metallica menyelesaikan tur-nya yang sempat tertunda dan berakhir pada awal bulan tahun 1987. Singkat cerita, bersama Newsted, Metallica juga berhasil mengeluarkan album-album yang sukses, di antaranya ...And Justice For All (1988), Metallica / yang dikenal juga dengan Black Album (1991), Load (1996), dan Reload (1997).

Jason Newsted
(Sumber: www.realtor.com)

     Awal tahun 2001, Jason Newsted meninggalkan band karena alasan ingin fokus sama project sampingannya. Di pertengahan tahun juga, Hetfield direhabilitasi karena ketergantungan alkohol dan akhirnya keluar dari rehabilitasi pada akhir tahun 2001. Di tahun 2002, Metallica masih belum mendapatkan pemain bass pengganti Newsted sehingga untuk sementara produsernya yang bernama Bob Rock yang bermain bass. Rock juga yang mengisi bass di album St. Anger yang dirilis bulan Juni 2003.

Robert Trujillo

     Metallica mengadakan audisi mencari bassist baru di tahun 2003 dan terpilihlah Robert Trujillo. Trujillo merupakan bassist yang bertahan sampai saat ini. Bersamanya, Metallica menelurkan album Death Magnetics (2008). Sampai saat ini, Metallica telah merilis 10 album studio, terakhir kali merilis di tahun 2016 berjudul Handwired... Self-Destruct. Metallica pun pernah datang / konser di Indonesia pada tahun 2014 silam. Selama karirnya, Metallica sudah mendapatkan banyak penghargaan.






EmoticonEmoticon