Biografi Singkat Band Deep Purple

Kiri Ke Kanan: Roger Glover, Ian Gillan, Don Airey, Steve Morse, dan Ian Paice
(Sumber: www.graspop.be)

     Deep Purple merupakan salah satu band bergenre hard rock asal Inggris yang dibentuk tahun 1968 di kota Hertford. Anggota saat ini adalah Ian Gillan (vokalis), Roger Glover (bassist), Steve Morse (gitaris), Don Airey (keyboardist), dan Ian Paice (drummer). Band ini dianggap sebagai pelopor musik heavy metal dan hard rock modern, serta disandingkan dengan 2 band rock besar di era itu, yaitu Led Zeppelin dan Black Sabbath.

     Singkat cerita, band ini dibentuk pada tahun 1968 oleh Rod Evans (vokalis), Nick Simper (bassist), Ritchie Blackmore (gitaris), Jon Lord (keyboardist), dan Ian Paice (drummer). Dulunya bernama Roundabout, tetapi berubah menjadi Deep Purple atas usul dari Blackmore.  Mereka merilis album debut berjudul Shades of Deep Purple pada tahun itu juga, serta merilis 2 album studio lainnya yaitu The Book of Taliesyn (1968) dan Deep Purple (1969).

Rod Evans
(Sumber: www.quora.com)

Nick Simper
(Sumber: www.hobbydb.com)

     Karena sepertinya ada perbedaan konsep musik, di tahun 1969 itu Evans mengundurkan diri dari Deep Purple, serta Simper juga digantikan oleh bassist lain. Band ini kemudian mencari vokalis dan bassist baru sehingga direkrutlah Ian Gillan dan Roger Glover dari suatu band bernama Episode Six.

Deep Purple Mk II
(Sumber: www.patch.com)

     Singkat cerita, bersama lineup ini Deep Purple merilis beberapa album studio, di antaranya Deep Purple in Rock (1970), Fireball (1971), Machine Head (1972), dan Who Do We Think We Are (1973). Dari album-album ini banyak lagu-lagu Deep Purple yang ngehits sampai sekarang, contohnya seperti Child in Time, Smoke on the Water, dan Highway Star.

Ritchie Blackmore

     Karena ada konflik dengan Blackmore, Gillan memutuskan keluar dari band setelah tur di Jepang tahun 1973. Blackmore juga mendesak untuk memecat Glover dari Deep Purple. Blackmore ini memang dikenal keras kepala.

David Coverdale

Glenn Hughes

     Setelahnya, band ini melakukan audisi dan merekrut vokalis baru bernama David Coverdale, serta merekrut juga Glenn Hughes sebagai bassist. Lineup ini merilis 2 album studio, yaitu Burn (1974) dan Stormbringer (akhir 1974). Lagu-lagu yang ngehits adalah Burn, Mistreated, Stormbringer, dan Soldier of Fortune. Lineup ini hanya bertahan sebentar, kurang dari 2 tahun, ketika Blackmore memutuskan keluar dari band karena tidak suka (dan mungkin muak) dengan album Stormbringer yang ada unsur funky nya dan dia menyebutnya dengan “shoeshine music”. Blackmore keluar tahun 1975.

Tommy Bolin

    Pengganti Blackmore adalah Tommy Bolin, seorang gitaris asal Amerika. Warna musik pun jadi benar-benar berubah karena Bolin ini memang style bermain gitarnya adalah funky rock, sehingga membuat musik hard rock disusupi unsur funk. Pada lineup ini, Deep Purple merilis album Come Taste the Band pada tahun 1975. Lineup ini ternyata juga hanya bertahan sebentar karena pada tanggal 4 Desember 1976, Tommy Bolin ditemukan meninggal dunia di suatu kamar hotel di Miami karena overdosis narkoba. Kematian Bolin menyebabkan anggota band memutuskan untuk break-up. Hughes ternyata juga kecanduan obat-obatan sehingga ditakutkan akan membahayakan reputasi Deep Purple.

Roger Glover & Ian Gillan

     Di masa-masa break-up, para anggota masing-masing bersolo karir dan ada juga yang memiliki project sampingan, seperti David Coverdale yang membentuk band bernama Whitesnake di tahun 1978 dan terkenal sampai sekarang. Hingga akhirnya di bulan April 1984, 8 tahun setelah break-up, Deep Purple kembali kumpul lagi dengan lineup Gillan, Glover, Blackmore, Lord, dan Paice. Mereka menelurkan 2 album studio, Perfect Strangers (1984) dan The House of Blue Light (1987).

Joe Lynn Turner
(Sumber: www.metalwani.com)

     Hubungan antara Blackmore dan Gillan kembali meregang yang berujung pada pemecatan Gillan di tahun 1989. Setelah mengaudisi beberapa kandidat, Joe Lynn Turner terpilih menjadi vokalis. Lineup yang baru terbentuk hanya mengeluarkan satu album studio yang berjudul Slaves and Masters (1990). Setelah selesai tur di tahun 1992, Turner dipaksa untuk keluar karena Glover, Lord, dan Paice menginginkan Gillan kembali untuk merayakan ulang tahun band yang ke-25, meskipun Blackmore terpaksa menerimanya dan meminta imbalan 250.000 dolar ditransfer ke rekening banknya.

Joe Satriani

     Mereka melakukan rekaman album studio lagi berjudul The Battle Rages On... di tahun 1993. Setelah konser di Finlandia di bulan November 1993, Blackmore mengundurkan diri untuk selamanya. Band ini segera merekrut Joe Satriani untuk mengisi posisi gitar saat konser di Jepang bulan Desember dan diminta untuk bertahan sampai tur Musim Panas Eropa tahun 1994. Satriani diminta untuk menjadi anggota tetap, namun ia sudah terlanjur terikat kontrak dengan label rekaman lain.

Don Airey

Steve Morse

     Deep Purple langsung merekrut mantan gitaris band Kansas, Steve Morse, untuk menggantikan Satriani. Dengan begitu, lineup ini bertahan sampai tahun 2002 ketika Jon Lord mengundurkan diri karena sudah sering sakit-sakitan (dia yang paling sepuh di antara anggota yang lain) sehingga sering absen kalau Deep Purple konser tur. Lord sudah sering absen dari tahun 2001, sehingga posisinya saat touring diisi oleh Don Airey. Begitu Lord keluar, Don Airey langsung direkrut menjadi anggota tetap. Bulan Mei 2011, Roger Glover sempat “istirahat” dari beberapa konser sehingga posisinya diisi oleh anggota touring, Nick Fyffe. Jon Lord meninggal dunia pada tanggal 16 Juli 2012 karena menderita komplikasi kanker pankreas.

Jon Lord

Ian Paice

     Lineup ini lah yang bertahan hingga saat ini. Dari semua anggota, hanya Ian Paice yang tetap bertahan (tak pernah tergantikan) dari awal band dibentuk hingga hari ini. Selama karirnya, Deep Purple telah merilis 20 album studio dan yang terakhir dirilis tahun 2017 berjudul Infinite. Band ini juga telah meraih banyak penghargaan dari dunia musik. Di tahun 2016, Deep Purple (khususnya Ritchie Blackmore, Ian Gillan, Jon Lord, Rod Evans, Ian Paice, Roger Glover, David Coverdale, dan Glenn Hughes) ditetapkan sebagai Rock and Roll Hall of Fame. Deep Purple pernah sekali konser di Jakarta tahun 1975 yang dibuka oleh band rock lokal Indonesia, God Bless.





EmoticonEmoticon