Misteri lagu Hotel California


    Sebelumnya saya telah membahas tentang misteri pada lagu Stairway to Heaven, nah sekarang saya akan membahas misteri pada salah satu lagu lawas juga yaitu lagu Hotel California. Hotel California adalah salah satu lagu andalan dari band Eagles. Lagu ini dirilis pada tahun 1977 dalam album Hotel California. Lagu ini ditulis dan diaransemen oleh Don Henley, Don Frey dan Glenn Frey.

    Misteri dari lagu ini adalah berkaitan dengan pembentukan Church of Satan (Gereja Setan) oleh Anton LaVey yang mengambil alih suatu hotel di California pada tahun 1969. Pendapat ini dikemukakan dari lirik "They stab it with their steely knife, but they just can't kill the beast". Ini menunjukkan bahwa Beast yang dimaksud adalah setan, dan tidak bisa membunuh setan. Lirik "We are prisoners here of our own device" dan "You can check out any time you like, but you can never leave" bermakna anggota dari gereja setan yang sudah terikat dengan sumpahnya dan mereka tidak dibolehkan keluar dari organisasi tersebut. Selain itu, pada sampul album, jika dizoom maka akan samar-samar terlihat si Anton LaVey mengintip dari jendela yang gelap.

(Sumber Gambar: hidayatyaseen.blogspot.co.id)
    Pendapat tersebut dibantah oleh Don Henley bahwa lagu ini tidak berkaitan dengan pembentukan Church of Satan. Lagu ini dideskripsikan sebagai kesenjangan antara musik ideal dengan musik komersialisasi. Musik komersialisasi merupakan "penjara" bagi para musisi dan mereka tidak dapat keluar dari itu. Itu merupakan makna dari lirik "We are prisoners here of our own device" dan "You can check out any time you like, but you can never leave".

    Lagu ini juga menceritakan Hotel California di San Fransisco yang menyambut tamunya dengan marijuana. Marijuana disebutkan dalam lirik "Plenty of room at the Hotel California. Any time of year, you can find it here". Di setiap ruang ditanami marijuana atau ganja dan para tamu dapat menemukannya setiap waktu sepanjang tahun sehingga para tamu bisa bersenang-senang sambil mabuk ganja.

    Sekian postingan saya tentang ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Jangan terpengaruh terhadap pendapat-pendapat orang. Terima kasih.

(Sumber referensi: kompasiana.com dan hidayatyaseen.blogspot.co,id)


EmoticonEmoticon