Macam-macam Gitar



GITAR

Gitar merupakan salah satu alat musik dawai yaitu alat musik yang menggunakan senar. Bermain gitar banyak digemari oleh kalangan remaja bahkan yang sudah dewasa ataupun tua. Gitar pada umumnya memiliki senar berjumlah 6 buah.
Gitar ada 2 macam, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik. Sekarang saya akan menjelaskan 2 macam gitar tersebut.

GITAR AKUSTIK 

Gitar akustik adalah gitar yang memiliki badan berongga (Hollow Body) dan memiliki lubang suara di tengahnya (ada beberapa model yang lubang suaranya kecil tapi banyak). Bermain gitar akustik ada yang dipetik secara langsung dengan jari jemari dan ada juga yang menggunakan plektrum. Plektrum ini sering disebut dengan Pick. Senar gitar akustik ada yang menggunakan senar nilon dan ada yang menggunakan senar logam/baja. Untuk yang menggunakan senar nilon dinamakan Gitar Klasik (Classical Guitar), sedangkan yang menggunakan senar baja dinamakan Steel String Acoustic Guitar. Sebelum dimainkan, gitar harus di tuning terlebih dahulu atau yang dikenal dengan stem. Tuning standar untuk gitar akustik adalah (dari rendah ke tinggi) E-A-D-G-B-E. Tuning ini juga berlaku untuk gitar elektrik.

Gitar Klasik 

Gitar Steel String

Gitar akustik ada juga yang menggunakan listrik yang biasa disebut dengan Gitar Akustik-Elektrik (Acoustic-Electric Guitar). Gitar ini dipasang alat yang bernama Pickup. Pickup adalah alat yang berfungsi untuk menangkap sinyal listrik dari getaran senar. Selain itu, dipasang juga alat yang bernama Pre-Amp, yaitu alat untuk mengatur besar kecilnya Volume dan Tone dari gitar. Pickup pada gitar akustik biasanya dipasang di dalam lubang suara dan Pre-Amp dipasang di bodi samping gitar akustik. Dengan ini, gitar akustik dapat dihubungkan ke sebuah Amplifier dan sound system.
Gitar Akustik-Elektrik

Pre-Amp pada Gitar Akustik

Selain 6 senar, gitar akustik juga ada yang memiki 12 senar. Cara memainkan gitar ini pun sama dengan gitar 6 senar karena senarnya hanya dirangkap menjadi dua. Tuningnya pun juga sama. Biasanya gitar akustik 12 senar menggunakan senar baja dan sudah dilengkapi dengan Pickup dan Pre-Amp (Akustik-Elektrik).

Gitar Akustik 12 Senar



GITAR ELEKTRIK

Gitar Elektrik adalah gitar yang dimainkannya harus menggunakan Amplifier untuk mengeluarkan suaranya. Gitar elektrik ada yang berbodi rongga (Hollow Body) dan ada yang berbodi padat (Solid Body). Banyak model-model dari gitar elektrik, terutama yang Solid Body.

Gitar Solid

Gitar Hollow



Gitar elektrik dilengkapi dengan Pickup untuk menangkap sinyal listrik dari senar dan Pre-Amp untuk mengatur besar kecilnya Volume dan Tone. Untuk yang bodi Hollow, biasanya terdapat lubang yang dinamakan F-Hole yang berbentuk huruf F seperti lubang pada biola. Ada beberapa model Pickup untuk gitar elektrik, diantaranya Single Coil dan Humbucker.

Pickup Single Coil

Pickup Humbucker

Gitar elektrik digunakan pada band yang bergenre Hard Rock, Rock & Roll, Heavy Metal, Country, Jazz, Blues, Pop, Dangdut, dan lain-lain. Para gitaris menggunakan efek-efek tambahan seperti OverDrive, Distorsi, Chorus, Wah Pedal, Delay, Reverb, dan lain-lain.

OverDrive, salah satu efek yang dipakai oleh gitaris

Gitar elektrik memiliki beragam jumlah senar, ada yang 6, 7, 8, bahkan 9 senar. Ada juga yang 12 senar dan dimainkannya sama seperti gitar 6 senar. Selain itu, ada juga gitar Double Neck. Gitar ini memiliki 6 senar pada Neck bawah dan 12 senar pada Neck atas.
Gitar 7 senar

Gitar Double Neck

Dari sekian banyak model gitar elektrik, terdapat model yang bernama Silent Guitar. Gitar ini jika dihubungkan ke Amplifier akan menghasilkan suara gitar akustik. Sama seperti gitar akustik, Silent Guitar ada yang bersenar nilon dan ada yang bersenar logam/baja. 
Silent Guitar Nylon String



Silent Guitar Steel String



EmoticonEmoticon