The Beatles dan Awal Mula Terbentuk





THE BEATLES

(Photo source: img.talkandroid.com)

The Beatles adalah salah satu band legendaris asal Inggris. Dibentuk pada tahun 1960 di Liverpool.
Anggotanya terdiri dari John Lennon (Gitar Rhythm, Vokal), Paul McCartney (Bass, Vokal), George
Harrison (Gitar Melodi, Vokal), dan Ringo Starr (Drum, Vokal). The Beatles merupakan pelopor musik-musik pop. Sampai saat ini lagu-lagunya masih enak dinikmati baik oleh kalangan tua maupun kalangan muda. The Beatles juga memiliki Fans Club yang bernama “Beatlemania”. Banyak musisi/band-band di seluruh dunia yang membawakan atau mengcover lagu-lagu dari The Beatles.


Sejarah awalnya pada tahun 1957, John Lennon yang masih berumur 16 tahun membentuk band bersama teman-temannya di sekolah Quarry Bank yang bernama The Quarrymen. Kemudian seorang pemuda berumur 15 tahun bernama Paul McCartney ikut bergabung dengan band tersebut sebagai pemain gitar rhythm. Paul mengajak seorang temannya yang bernama George Harrison yang waktu itu masih berumur 14 tahun untuk ikut audisi sebagai pemain gitar melodi. Lennon menyukai permainannya, tetapi menolaknya untuk bergabung karena masih terlalu muda. Tetapi, beberapa bulan kemudian akhirnya George dipanggil untuk bergabung. Tahun 1959, teman-teman Lennon yang satu sekolah di Quarry Bank meninggalkan band. Lennon melanjutkan pendidikannya di Liverpool College of Art. Di sana, Lennon bertemu dengan seorang teman yang bernama Stuart Sutcliffe yang kebetulan ingin membeli sebuah Bass. Lennon mengajaknya bergabung dan akhirnya bergabung pada bulan Januari 1960. Mereka merubah nama bandnya menjadi Beatals. Setelah beberapa kali berganti nama, diantaranya Silver Beatles, akhirnya bulan Agustus 1960 mereka menetapkan nama menjadi The Beatles. 

Stuart Sutcliffe (tengah) bersama The Beatles
(Photo source: onabbeyroad.com)
Mereka bertemu dengan Allan Williams yang menjadi unofficial manager mereka dan mengurus mereka agar bisa menetap sementara di Hamburg, Jerman. Mereka merekrut Pete Best untuk menjadi drummer The Beatles. Di Hamburg, mereka dikontrak untuk bermain di sebuah Club dan penonton mereka sangat banyak. George Harrison berbohong kepada petugas migrasi mengenai umurnya, tetapi karena The Beatles melanggar kontrak akhirnya ia diadukan dan dideportasi dari Hamburg bulan November. Beberapa minggu kemudian, Paul McCartney dan Pete Best juga dideportasi. Lennon kembali ke Liverpool pertengahan bulan Desember, sedangkan Sutcliffe masih bertahan di sana untuk beberapa bulan lagi. Beberapa tahun kemudian, mereka kembali lagi ke Hamburg. Stuart Sutcliffe keluar dari band karena ingin melanjutkan pendidikan di Jerman di awal tahun 1961. Semenjak itu Paul McCartney mengisi posisi sebagai pemain bass. The Beatles dikontrak untuk menjadi Backing Band untuk Tony Sheridan. Mereka bersama Tony Sheridan membuat rekaman dan merilis lagu yang berjudul My Bonnie.

Brian Epstein
(Photo source: rebeatmag.com)

Pete Best (kedua dari kanan) bersama The Beatles
(Photo source: beatlesbible.com)
Setelah kembali lagi ke Liverpool, mereka sering manggung-manggung di Club juga, salah satunya The Cavern Club. Di sana mereka bertemu dengan seorang pemilik rekaman lokal yang bernama Brian Epstein. Epstein menjadi manajer mereka pada bulan Januari 1962. Epstein membawa The Beatles ke Decca Records, tetapi ditolak karena grup gitar sudah ketinggalan zaman. Akhirnya mereka bertemu dengan seorang produser bernama George Martin yang mengajukan The Beatles ke label Parlophone di EMI Records.

George Martin
(Photo Source: blazingcatfur.ca)
Bulan April 1962 The Beatles kembali lagi ke Hamburg. Di sana mereka dapat kabar duka dari pacar Sutcliffe bahwa Stuart Sutcliffe telah meninggal dunia karena mengalami pendaharan otak akibat dipukul oleh seseorang. Setelah kembali ke Inggris, The Beatles mendapat pengarahan dari George Martin untuk pertama kalinya di Abbey Road Studio, London pada tahun 1962. George Martin kurang menyukai permainan drum dari Pete Best sehingga ia menyarankan Brian Epstein untuk menyewa session drummer. Pete Best digantikan oleh Ringo Starr dan George Martin untuk sementara waktu menyewa Andy White untuk mengisi posisi drum dalam rekaman lagu Love Me Do dan P.S. I Love You. Bergabungnya Ringo Starr seperti membawa keberkahan dan keberuntungan terhadap The Beatles. The Beatles langsung tenar setelah bergabungnya Ringo Starr. Lagu Love Me Do masuk 20 besar di tangga lagu Inggris diurutan 17.

John Lennon dan Paul McCartney membentuk sebuah partner dalam menulis lagu yang bernama Lennon-McCartney. Tahun-tahun berikutnya sampai pada tahun 1970, mereka banyak merilis album dan single yang penjualannya bisa mencapai jutaan kopi. Selain lagu, The Beatles juga membuat film. Film pertama mereka berjudul A Hard Day’s Night tahun 1964. Nama itu juga merupakan nama album dan single mereka. Film kedua berjudul Help! tahun 1965 yang juga merupakan nama album dan single. Album terakhir mereka sebelum bubar adalah Let It Be.

Sampul A Hard Day's Night
(Photo source: boskowan.com)
Pada tahun 1970, mereka membubarkan diri. Lennon, Harrison, dan Starr masing-masing berkarir solo dan sukses. Paul McCartney membentuk band baru bersama istrinya, Linda McCartney yang bernama Wings. Band ini juga sukses tentunya. John Lennon meninggal dunia pada tanggal 8 Desember 1980 di kota New York karena ditembak mati oleh seseorang.

Setelah lama tidak bertemu, pada tahun 1995 mereka yang tersisa (McCartney, Harrison, dan Starr) melakukan reuni band. Mereka merilis album yang berjudul Anthology 1. Di dalam album tersebut terdapat lagu demo ciptaan John Lennon. Atas persetujuan istri almarhum, Yoko Ono, akhirnya mereka mengaransemen ulang lagu tersebut yang berjudul Free As a Bird. Tahun 1996, mereka merilis lagi album Anthology 2 dan di dalamnya juga terdapat lagu demo John Lennon yang diaransemen ulang yang berjudul Real Love.

Tanggal 21 November 2001, George Harrison meninggal dunia di Los Angeles karena mengidap penyakit kanker paru-paru. Sekarang yang tersisa hanya McCartney dan Starr. Mereke sudah sangat tua (sudah berumur 70 tahun ke atas), tetapi mereka sampai saat ini masih melakukan konser touring keliling dunia. Mereka berdua pernah manggung bareng saat acara Grammy Salute to The Beatles. Tanggal 8 Maret 2016, George Martin meninggal dunia pada umur 90 tahun di rumahnya di Wiltshire, Inggris. Ia dijuluki sebagai “Fifth Beatle”.

(Sumber Referensi: Wikipedia & berbagai sumber) 



EmoticonEmoticon