Alat Musik Tuts


ALAT MUSIK TUTS

Alat musik tuts adalah alat musik yang memiliki papan kunci dan dimainkannya dengan cara menekan papan kunci tersebut dengan jari jemari. Ada beragam alat musik tuts di dunia ini. Di antaranya seperti piano, keyboard, organ, synthesizer, pianika, dan masih banyak lagi. Saya akan membahas sedikit tentang alat-alat yang saya sebutkan di atas.

Piano
Piano adalah alat musik tuts yang menurut saya paling elegan. Piano sering dimainkan pada musik-musik seperti klasik, jazz, swing, pop, dsb. Terkadang music rock juga ada yang menggunakan piano. Piano memiliki 88 tuts. Untuk Grand piano dan Upright piano memiliki tuts yang sentuhannya lebih keras daripada piano elektrik sehingga sering digunakan untuk ajang lomba bermain piano. Selain itu, piano ini juga memiliki pedal kaki sebanyak 3 buah. Harga Grand piano bisa mencapai ratusan juta bahkan milyaran rupiah.
Berbeda dengan Grand piano, piano elektrik/digital memiliki sentuhan tuts yang agak lembut daripada Grand piano. Piano digital ada yang memiliki 3 pedal kaki bawaan ada juga yang cuma 1 pedal yang bisa copot pasang. Piano ini harus dihubungkan dengan amplifier keyboard untuk mengeluarkan suaranya, tetapi ada juga yang sudah memiliki speaker internal. Piano digital memiliki beberapa suara piano, suara string, dan suara-suara lainnya yang sudah deprogram di dalamnya. Piano digital ini juga sudah dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti MIDI, konektor USB, konektor Headphone, Musik Demo, dsb.

Upright Piano
Grand Piano

Digital Piano







Keyboard
Adalah alat musik tuts yang biasa dijumpai pada acara pesta seperti ulang tahun, pernikahan, dsb. Keyboard memiliki 61 tuts dan sentuhan tuts yang sangat ringan. Keyboard memiliki fitur Style, yaitu nada-nada instrumen lain yang ikut mengiringi musik / lagu yang sedang dimainkan dan bunyinya mengikuti chord yang kitta tekan. Biasanya keyboard memiliki speaker internal sehingga tidak terlalu membutuhkan amplifier keyboard. Tetapi, ada juga beberapa model yang tidak memiliki speaker internal.

Keyboard











Organ
Adalah alat musik tuts yang memiliki dua tingkat keyboard dan pedal kaki dalam satu badan. Masing-masing keyboard memiliki 61 tuts. Pedal kakinya berjumlah 25 buah. Organ sering dipakai untuk kebutuhan musik di gereja-gereja. Selain itu, ada beberapa band rock klasik asal Inggris yang menggunakan Organ, seperti Deep Purple, Procol Harum, Uriah Heep, dll.

Organ















Synthesizer
Adalah alat musik yang serupa dengan keyboard. Perbedaannya, synthesizer tidak memiliki Style. Jumlah tuts synthesizer beragam, ada yang 61, 76, dan 88 tuts. Karena tidak memiliki speaker internal maka harusb dihubungkan dengan amplifier keyboard. Synthesizer pertama adalah Moog Synthesizer yang ukurannya lebih kecil dari keyboard.

Synthesizer (76 tuts)
Moog Synthesizer

Pianika
Adalah alat music yang sering dibawa dan dimainkan oleh siswa sekolah dasar, baik untuk keperluan upacara senin maupun untuk pelajaran kesenian. Pianika merupakan alat musik yang sangat mudah dimainkan untuk mencari notasi sebuah lagu. Pianika yang sering dipakai memiliki 32 tuts, tetapi ada juga yang berjumlah 37 tuts. Dimainkannya dengan cara ditiup, baik menggunakan selangnya maupun pluitnya dan menekan tutsnya.
Pianika






















Sekian informasi dari saya, mohon maaf jika ada yang salah, maklum baru belajar juga, hehe. Thanks.


EmoticonEmoticon