Biografi Singkat Band Dream Theater


Dream Theater
(Sumber : www.kimmelcenter.org )


     Dream Theater merupakan sebuah grup band bergenre progresif metal yang dibentuk pada tahun 1985 di Boston, Massachusetts, AS. Band ini awalnya dibentuk oleh 3 orang mahasiswa yang berkuliah di Berklee College of Music, yaitu John Petrucci, John Myung, dan Mike Portnoy. Waktu itu mereka bertiga sering latihan musik di studio musik kampusnya dengan membawakan lagu-lagu dari band Rush dan Iron Maiden.

     Petrucci merekrut teman SMA-nya yang bernama Kevin Moore dan juga teman rumahnya yang bernama Chris Collins untuk bergabung di band. Setelah formasi lengkap maka terbentuklah band dengan nama awal Majesty, dengan lineup: Chris Collins sebagai vokalis, John Petrucci sebagai gitaris, John Myung sebagai bassist, Kevin Moore sebagai keyboardist, dan Mike Portnoy sebagai drummer. Karena fokus pada band-nya, akhirnya masing-masing dari mereka meninggalkan bangku kuliahnya.

     Setelah beberapa bulan latihan dan manggung bareng, Chris Collins digantikan oleh seorang vokalis yang usianya jauh lebih tua dari mereka yang bernama Charlie Dominici. Hal ini dikarenakan Dominici sudah memiliki banyak pengalaman agar dapat meningkatkan pamor dan eksistensi band Majesty ini.

     Tidak lama setelah Dominici bergabung, band ini tersandung masalah hukum karena digugat oleh sebuah band lokal di Las Vegas karena menggunakan nama yang sama, yaitu sama-sama Majesty. Akhirnya mereka pun mengganti nama dengan nama yang terkenal sampai saat ini, yaitu Dream Theater. Nama ini merupakan nama yang diusulkan oleh ayahnya Mike Portnoy.

     Bersama Dominici, Dream Theater melakukan rekaman dan merilis album debut dengan judul When Dream and Day Units pada tahun 1988-1989. Tahun 1991, Dominici keluar dari band. Dream Theater mengadakan audisi untuk mencari vokalis baru dan akhirnya mendapatkan James LaBrie, seorang penyanyi asal Kanada dan juga merupakan vokalis yang awet sampai saat ini.

     Tahun 1992 mereka melakukan rekaman dan merilis album lagi dengan judul Images and Words dan berhasil meraih kesuksesan pada albumnya. Lagu-lagunya yang terkenal di antaranya adalah Pull Me Under dan Another Day.

     Tahun 1995 Kevin Moore memutuskan keluar dari band dan ia digantikan oleh seorang keyboardist profesional bernama Derek Sherinian. Bersama Sherinian, Dream Theater merekam dan merilis album berjudul Falling Into Infinity. Sherinian hanya bertahan di band kurang lebih 4 tahun. Ia mengundurkan diri pada tahun 1999 dan digantikan dengan seorang keyboardist yang usianya lebih tua dari anggota lainnya yang bernama Jordan Rudess. Mereka langsung melakukan rekaman album dengan judul Metropolis Pt. 2: Scenes from a Memories yang di dalamnya terdapat lagu yang cukup terkenal yang berjudul The Spirit Carries On.

Dari kiri ke kanan : John Petrucci, Jordan Rudess, James LaBrie, Mike Portnoy, John Myung
(Sumber : www.dfordelhi.in )

     Pada lineup anggota ini, Dream Theater telah merilis 6 album. Lineup ini bertahan kurang lebih 10 tahun sampai akhirnya Mike Portnoy memutuskan keluar dari band pada tahun 2010. Para anggota yang tersisa melakukan audisi untuk mencari drummer baru dan didapatlah Mike Mangini.

Mike Mangini
(Sumber : www.metalwani.com )

     Mangini adalah seorang dosen musik di Berklee College of Music dan juga mantan drummer dari beberapa band terkenal seperti Extreme dan Steve Vai. Bersama Mangini, Dream Theater telah merilis 3 album. Salah satu lagunya yang terkenal di era drummer Mangini adalah On The Backs of Angels.

     Pada tahun 2018 ini, Dream Theater telah berhasil menjual lebih dari 12 juta album di seluruh dunia. Selain itu, band ini juga mendapatkan 2 nominasi penghargaan Grammy Award.





EmoticonEmoticon