Biografi Singkat Band Led Zeppelin


Led Zeppelin bersama jet pribadinya, The Starship
(Sumber : www.rockhall.com )

     Masih pada topik tentang membahas band lawas dengan genre rock, kali ini saya akan membahas band Led Zeppelin. Led Zeppelin merupakan salah satu grup band legendaris beraliran rock era 70an. Band ini dibentuk di London, Inggris pada tahun 1968 oleh Jimmy Page (gitar), Robert Plant (vokal), John Paul Jones (bass / keyboard), dan John Bonham (drum).

     Mereka semua dulunya berasal dari band yang berbeda-beda. Sebelum berganti nama menjadi Led Zeppelin, band ini awalnya bernama The New Yardbirds, mirip dengan nama band-nya Jimmy Page sebelumnya, The Yardbirds, yang telah bubar. Karena musik-musiknya menonjolkan suara gitar yang keras dan berat maka band ini dianggap sebagai salah satu band heavy metal pertama.

     Mereka merilis album debutnya yang berjudul Led Zeppelin tahun 1969 ketika mereka sedang melakukan konser tur di Amerika. Album ini berhasil menduduki posisi 6 di tangga lagu Billboard. Album kedua, Led Zeppelin II, rilis di tahun yang sama dan meraih kesuksesan melebihi album pertamanya. Tahun 1970, Jimmy dan Robert sempat menghabiskan waktu di Bron-Yr-Aur, sebuah cottage di Wales, untuk bekerja mempersiapkan album ketiganya, Led Zeppelin III, yang dirilis pada tahun itu juga.

Dari kiri ke kanan: John Bonham, John Paul Jones, Robert Plant, Jimmy Page
(Sumber : www.mojo4music.com )

     Pada saat itu mereka sedang naik daun. Kalau lagi perform di panggung terkadang mereka memakai pakaian-pakaian flamboyan. Mereka juga sering travelling menggunakan jet pribadi, sebuah pesawat Boeing 720 yang dinamakan  The Starship. Album keempat, Led Zeppelin IV, dirilis tahun 1971. Di dalam album tersebut terdapat lagu yang melegenda yang berjudul Stairway to Heaven.

     Dalam karirnya, Led Zeppelin telah merilis album studio setidaknya 8 album, yaitu Led Zeppelin (1969), Led Zeppelin II (1969), Led Zeppelin III (1970), Led Zeppelin IV (1971), Houses of the Holy (1973), Physical Graffiti (1975), Presence (1976), dan In Through the Out Door (1979)Mereka terus berada pada puncak ketenaran dan kesuksesan sampai bulan September 1980.

John Bonham
(Sumber : www.drummerworld.com )

     Led Zeppelin harus kehilangan seorang drummer-nya, pasalnya pada tanggal 25 September 1980, John Bonham  meninggal dunia di kamar tamu rumahnya Jimmy Page karena mengalami sesak napas dan muntah akibat terlalu banyak meminum Vodka. Sepeninggalan Bonham, para anggota yang tersisa memutuskan untuk membubarkan Led Zeppelin.

     Setelah pembubarannya, Led Zeppelin sempat beberapa kali mengadakan konser reuni. Led Zeppelin terakhir kali mengadakan konser reuni pada tahun 2007 di The O2, London yang dihadiri oleh 20.000 penonton. Posisi drummer diisi oleh Jason Bonham, anaknya John Bonham.

Jason Bonham
(Sumber: www.moderndrummer.com )

     Mereka mendapatkan banyak penghargaan di dunia musik internasional. Tahun 1995, mereka terdaftar dalam Rock and Roll Hall of Fame dan dinyatakan sebagai band yang berpengaruh di dunia musik tahun 1970an. Album-album mereka juga berhasil terjual hingga 300 juta keping.



EmoticonEmoticon