Biografi Singkat Band Queen


Queen

     Bagi penikmat musik rock era 70 - 80an pasti tidak akan asing dengan nama Queen. Queen merupakan grup band rock asal Inggris yang dibentuk pada tahun 1970 di London. Sebelum berganti nama menjadi Queen, band ini dulunya bernama Smile.

     Awal mulanya pada tahun 1968, keinginan untuk membentuk sebuah band datang dari 2 orang mahasiswa yang bernama Tim Staffell dan Brian May. Brian May ini seorang mahasiswa di Imperial College. Ia memasang pamflet di mading kampusnya untuk pemberitahuan bahwa ia sedang mencari seorang drummer. Didapatlah Roger Taylor, mahasiswa kedokteran gigi yang bisa bermain drum sesuai dengan kriteria May dan Staffell. Akhirnya mereka mulai ngeband dengan nama Smile dan dengan lineup: Tim Staffell sebagai vokalis dan bassist, Brian May sebagai gitaris, dan Roger Taylor sebagai drummer.

     Staffell berkuliah di Ealing Art College dan berteman dengan Farrokh Bulsara (nama asli Freddie Mercury). Karena ada kesamaan selera musik maka Farrokh menjadi ngefans sama band Smile.
Tahun 1970 Staffell memutuskan untuk keluar dari Smile karena ingin gabung ke band lain bernama Humpy Bong. Farrokh / Freddie yang bisa bernyanyi dan bermain piano datang ke Smile untuk bergabung menggantikan Staffell. Freddie juga mengusulkan mengganti nama Smile menjadi Queen. Usulan itu disetujui oleh May dan Taylor. Mereka mulai manggung bareng untuk pertama kalinya pada tanggal 18 juli 1970.

Dari kiri ke kanan: Freddie Mercury, John Deacon, Brian May, Roger Taylor
(Sumber : www.pastemagazine.com )

     Mereka sempat beberapa kali berganti pemain bass karena chemistry-nya dirasa kurang dapet sampai akhirnya merekrut bassist bernama John Deacon pada bulan Februari 1971. Mereka langsung latihan bersama untuk mempersiapkan rekaman album pertama. Album debut / pertama mereka yang berjudul Queen dirilis tahun 1973.

     Dalam karirnya, Queen telah merilis album studio setidaknya 15 album. Album-album yang terkenal di antaranya ada Sheer Heart Attack, A Night at Opera, News of the World, Jazz, The Game, dan lainnya. Lagu-lagunya yang terkenal di antaranya ada Bohemian Rhapsody, Love of My Life, I Want to Break Free, We Are the Champions, Crazy Little Thing Called Love, dan masih banyak lagi.

     Queen harus kehilangan seorang vokalisnya untuk selamanya. Tanggal 24 November 1991 Freddie Mercury meninggal dunia di rumahnya di London karena mengidap AIDS dan terserang penyakit bronko-pneumonia. Freddie meninggal pada usia 45 tahun.

Freddie Mercury
(Sumber : www.udiscovermusic.com )

     Sepeninggal Freddie, Queen mengadakan konser tribute untuk Freddie pada tahun 1992. Queen juga merilis album terakhirnya, Made in Heaven, pada tahun 1995. Tahun 1997, Deacon menyatakan pensiun dari dunia musik sehingga Queen kehilangan pemain bass-nya.

     Queen mendapatkan banyak penghargaan di dunia musik internasional. Tahun 2000 mereka terdaftar pada Rock and Roll Hall of Fame. Di tahun 2018 mereka mendapatkan penghargaan Grammy Lifetime Achievement Award.

     Queen juga merupakan salah satu band rock legendaris. Lagu-lagunya masih enak didengar dan dinikmati sampai saat ini. Lagunya yang berjudul We Are the Champions sering diputar untuk merayakan suatu kemenangan dalam pertandingan atau perlombaan.


EmoticonEmoticon