Misteri Lagu Stairway to Heaven



     Anda pecinta / penikmat musik rock klasik? Jika iya, anda pasti tahu lagu Stairway to Heaven. Lagu ini merupakan lagu yang diciptakan dan dibawakan oleh band legendaris asal Inggris, Led Zeppelin. Band ini beranggotakan 4 orang, yaitu Robert Plant (Vokalis), Jimmy Page (Gitaris), John Paul Jones (Bassis, Multi Instrumentalis), dan (alm) John Bonham (Drummer). Lagu ini dirilis pada tahun 1971 dalam album Led Zeppelin IV. Lagu ini berbeda dari lagu-lagu rock lainnya karena pada awal lagunya sangat indah dengan petikan gitar akustik dari Jimmy dan akhirnya diikuti dengan instrumen rock sehingga tidak menghilangkan ciri khas sebagai musik Hard Rock.

    Lagu ini ditulis dan diaransemen oleh Robert Plant (Vokalis) dan Jimmy Page (Gitaris). Ketika Robert sedang mendengarkan Jimmy mengulik bagian intro, Robert sedang dalam keadaan bad mood dan tidak sengaja menulis lirik "there's a lady who's sure all that glitters is gold and she's buying a stairway to heaven". Para pendengar dibuat penasaran dengan siapa "lady" itu. Begitu juga dengan kalimat "bustle in your hedgerow" yang menurut Jimmy biar para pendengar mengartikannya sesuai dengan pendapatnya masing-masing.


    Yang misteri dari lagu ini adalah terdapat lirik Satanisme atau pemujaan setan jika lagu ini diputar secara backward / reverse. Ini bisa dikatakan kebetulan dan bisa juga memang direncanakan. Dikatakan kebetulan karena pada waktu itu belum ada teknologi untuk me-reverse lagu. Jadi merupakan kebetulan yang sangat fenomenal.


    Jika dikatakan sudah direncanakan, berarti personel band Led Zeppelin adalah orang-orang jenius yang bisa membuat bait lirik lagu yang bila di-reverse akan menghasilkan lirik baru tanpa menggunakan teknologi reverse.


    Berikut ini adalah sepenggal bait lirik lagu aslinya:



If there's a bustle in your hedgerow don't be alarmed now
It's just a spring clean for the May Queen
Yes there are two paths you can go by, but in the long run
There's still time to change the road you're on

    Bait lirik tersebut setelah di-reverse:

So here's to my sweet Satan
The one whose little paths would make me sad
Whose power is Satan
He'll give you 666
There was a little toolshed where he made us suffer sad Satan

    Selain itu, dikatakan sudah direncanakan karena terdapat lirik "cause you know sometimes words have two meanings". Lirik ini seperti sengaja dibuat untuk memberikan tanda bahwa lagu ini memiliki makna lain di baliknya. 

    Pada akhir-akhir ini personel Led Zeppelin yang masih tersisa sedang tersandung kasus hukum atas tuntutan pelanggaran hak cipta. Robert Plant dan Jimmy Page dituduh menjiplak beberapa nada dari lagu "Taurus" ciptaan band rock Spirit pada tahun 1968 untuk dimasukkan ke dalam lagu Stairway to Heaven.

    Jika anda penasaran dengan lagu Stairway to Heaven yang sudah di-reverse, bisa buka link di bawah ini (liriknya full dari akhir sampai awal):

(Diupload oleh: CCG Productions)

    Sekian postingan saya tentang ini. Semoga bermanfaat bagi yang membaca. Terima kasih. 



(Sumber referensi: kompasiana.com dan berbagai sumber)





EmoticonEmoticon