Mengatasi Mendengkur Saat Tidur



    Orang yang mendengkur atau yang biasa disebut dengan ngorok saat tidur sangat mengganggu bagi orang di sekitarnya yang masih terbangun. Mendengkur bisa jadi tanda-tanda dari penyakit Apnea Tidur, yaitu gangguan tidur yang bisa membuat berhenti bernapas selama beberapa detik hingga dua menit saat terlelap. Karena itu, seseorang akan merasakan sakit kepala keesokan harinya karena kadar oksigen dalam darah menurun. Selain itu, juga erta kaitannya dengan beberapa penyakit kronis lainnya seperti stroke, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan penyakit jantung.

    Mendengkur biasa disebabkan oleh kelebihan berat badan (obesitas), merokok, konsumsi obat tidur, dan minum minuman beralkohol. Terdapat cara-cara untuk mengatasi dengkuran, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Merubah posisi tidur dari terlentang menjadi tidur menghadap ke samping.

2. Memperbaiki pola tidur karena tidur yang kurang dapat menyebabkan dengkuran.

3. Menghindari minuman beralkohol karena meminum minuman beralkohol pada empat hingga lima jam sebelum tidur dapat membuat dengkuran semakin parah.

4. Menghindari pemakaian obat tidur karena dapat membuat otot-otot leher menjadi rileks dan menjadikan dengkuran semakin parah.

5. Banyak meminum air putih karena ketika mengalami dehidrasi, proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket sehingga memicu dengkuran.

6. Menghilangkan kebiasaan merokok karena merokok bisa menyebabkan hidung dan paru-paru tersumbat sehingga memicu untuk mendengkur.

7. Mengurangi berat badan karena sudah disebutkan di atas bahwa obesitas dapat menyebabkan mendengkur, tetapi ada juga yang berbadan kurus mendengkur. Ini berlaku bagi orang yang sebelum berat badannya naik tidak mendengkur, tetapi setelah naik menjadi mendengkur.

    Sekian postingan saya. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.


(Sumber Referensi: alodokter.com dan berbagai sumber lainnya)

 


EmoticonEmoticon